Jembatan II Barat, No: 5
+628119234562
info@topogroup.co.id

Apa Bedanya Gunung dan Pegunungan

Topo Group adalah Kontraktor dan Jasa Cat Marka Jalan Bandara, Jasa Epoxy Lantai, Jasa Floor Hardener, Jasa Pengecatan Lapangan, Jasa Kontruksi Baja Murah Terbaik Dan Berkuallitas

Apa Bedanya Gunung dan Pegunungan

Apa Bedanya Gunung dan Pegunungan

Apa Bedanya Gunung dan Pegunungan?

Gunung dan pegunungan adalah dua dari banyak sekali kekayaan alam di Indonesia. Apa perbedaan keduanya?

Bukit adalah hamparan tanah yang lebih tinggi daripada daerah sekitarnya. Ada gunung yang memiliki satu puncak, seperti gunung berapi. Bisa juga menjadi bagian dari rangkaian pegunungan.

Ukuran ketinggian gunung dinyatakan dengan jarak puncaknya di atas permukaan laut. Tingginya mencapai ribuan meter di atas permukaan air laut.

Pegunungan

Kumpulan atau rangkaian gunung dan bukit disebut pegunungan.

Ketinggiannya lebih dari seribu meter di atas permukaan air laut. Pegunungan dapat berupa daerah gunung berapi. Bisa juga berupa gunung tidak berapi. Contohnya, Pegunungan Jayawijaya, Pegunungan Bukit Barisan, Tengger, Kapuas Hulu, dan sebagainya.

Dalam rangkaian pegunungan kadang terdapat gunung yang masih aktif. Contohnya, Gunung Merapi di Jawa Tengah, Gunung Semeru di Jawa Timur, dan Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat.

Iklim

Daerahnya gunung dan pegunungan beriklim dingin. Makin tinggi, semakin dingin udaranya. Makin tinggi gunung, makin jarang orang yang tinggal di sana.

Biasanya gunung menjulang di atas permukaan. Namun ada yang berada di bawah permukaan air laut. Beberapa di antaranya muncul di permukaan air dan membentuk pulau-pulau terkecil. Contohnya, Gunung Krakatau di Selat Sunda.

Bercocok Tanam

Gunung tidak sesuai untuk bercocok tanam. Mengapa? Karena sebagian besar tanahnya berupa lereng-lereng dan lekukan tanah.

Terkadang tanahnya lunak, mudah terbawa air hujan. Tidak mengherankan, tidak banyak manusia yang hidup di daerah ini.

Objek Wisata yang Menyenangkan

Gunung dan pegunungan merupakan objek wisata yang sangat menyenangkan. Berjalan-jalan, berburu dapat dilakukan di gunung. Begitu juga dengan berkemah dan mendaki.

Gunung memiliki puncak yang cukup menawan. Inilah yang menjadi pesona bagi pendaki gunung. Gunung dan pegunungan juga menyimpan banyak kekayaan alam.

Lembah Kaki Gunung dan Pegunungan

Walaupun daerah gunung tidak cocok untuk bercocok tanam, tetapi kegiatan ini dapat dilakukan di kaki gunung.

Daerah lembah di kaki gunung dan pegunungan, cocok untuk daerah pertanian buah-buahan dan sayuran.

Bisa juga untuk perikanan darat karena mudah mendapatkan air.

Selain itu juga untuk peternakan kuda, sapi potong, sapi perah, dan kambing karena di pegunungan banyak tersedia rumput untuk makanan ternak.

jadi berikut adalah postingan mengenai Apa Bedanya Gunung dan Pegunungan?

(Visited 16 times, 1 visits today)

 

No Comments

Add your comment

error: Content is protected !!