Jembatan II Barat, No: 5
+628119234562
info@topogroup.co.id

Pengertian serta fungsi epoxy primer dan epoxy plamir

Topo Group adalah Kontraktor dan Jasa Cat Marka Jalan Bandara, Jasa Epoxy Lantai, Jasa Floor Hardener, Jasa Pengecatan Lapangan, Jasa Kontruksi Baja Murah Terbaik Dan Berkuallitas

Pengertian serta fungsi epoxy primer dan epoxy plamir

Apa Yang Dimaksud Dengan Epoxy Primer Dan Epoxy Plamir pada Pelapisan Lantai?

Pengertian epoxy primer dan epoxy plamir pada pengecatan lantai sering kali kita dengar, 2 istilah ini termasuk bagian penting dalam tahap pekerjaan epoxy lantai. Secara teknik seperti pengecatan pada umumnya, hanya saja berbeda material yang dipakai.

Ketika membahas tentang pelapisan lantai menggunakan cat epoxy, tentunya Anda akan disuguhkan oleh dua proses pelapisan terpenting pada lantai. Para kontraktor epoxy yang biasa menangani pelapisan lantai tersebut pun biasanya juga akan membahas tentang dua proses ini, yaitu proses epoxy primer serta epoxy plamir.

Jika dilihat secara kasat mata, mungkin kedua proses ini tidak ada bedanya dengan proses pengecatan pada umumnya. Namun yang membedakannya adalah materi yang digunakan. Untuk penjelasan selengkapnya, mari kita bahas satu persatu.

Apa itu Epoxy primer?

Epoxy primer atau yang sering juga disebut sebagai Under Coat merupakan lapisan cat pertama yang digunakan pada lantai beton. Epoxy primer ini bertujuan untuk memasukkan lapisan cat kedalam pori-pori lantai, atau bisa dikatakan juga sebagai lapisan pondasi awal.

Untuk bahannya sendiri, epoxy primer biasanya mengandung resin polyamide, dan digabungkan dengan material hardener yang bertujuan sebagai pengeras. Proses pengecatan epoxy primer ini dilakukan dengan menggunakan raskam ataupun kape scrap. Atau untuk lebih mudahnya, juga bisa menggunakan roll yang memiliki jangkauan lebih besar.

Apa itu Epoxy Plamir?

Plamir juga bisa dikatakan sebagai dempul, sekaligus sebagai proses untuk meratakan dan menutup setiap celah yang tidak rata ataupun celah yang terbuka dari retakan retakan kecil yang ada pada lantai beton.

Para jasa epoxy lantai biasanya hanya menggunakan produk plamir untuk bagian dinding saja, sementara untuk material lantai biasanya menggunakan bahan khusus epoxy resin yang sudah bercampur dengan talk ataupun kalsium.

Adanya campuran bahan-bahan ini bertujuan untuk membuat epoxy menjadi lebih kental dan terlihat seperti adonan dempul untuk bagian body mobil. Jadi bisa dikatakan bahwa, plamir epoxy memang banyak digunakan sebagai dempulan lantai, yang berguna untuk meminimalisir adanya gelombang pada permukaan.

Secara umum, kontraktor epoxy biasanya tidak menggunakan roll untuk melakukan proses dempulan pada lantai, dan lebih banyak menggunakan raskam ataupun kape scrap. Ini diakibatkan cairan plamir lebih kental dibanding epoxy primer, dan akan sangat susah untuk menggunakan roll nya.

Itu saja artikel informasi terkait Pengertian epoxy primer dan epoxy plamir dalam pengecatan lantai beton yang dapat saya sampaikan. Tulisan ini saya buat berdasarkan pengetahuan di lapangan sebagai marketing bersama aplikator epoxy profesional.

(Visited 211 times, 1 visits today)

 

No Comments

Add your comment

error: Content is protected !!