Jembatan II Barat, No: 5
+628119234562
info@topogroup.co.id

Fungsi Tiga Warna Marka Jalan Ini Wajib Diketahui Pengendara

Topo Group adalah Kontraktor dan Jasa Cat Marka Jalan Bandara, Jasa Epoxy Lantai, Jasa Floor Hardener, Jasa Pengecatan Lapangan, Jasa Kontruksi Baja Murah Terbaik Dan Berkuallitas

Fungsi Tiga Warna Marka Jalan Ini Wajib Diketahui Pengendara

Ketika berkendara di jalan raya, pasti pengemudi mobil atau motor akan menemukan Marka. Biasanya, marka jalan membentuk garis membujur, melintang, serong serta lambang lainnya.

Marka jalan tersebut, berfungsi untuk mengarahkan arus lalu lintas, dan membatasi daerah kepentingan lalu lintas. Marka jalan ini juga sudah diatur dalam Peraturan menteri Perhubungan Nomor 34 tahun 2014.

Selain itu, banyak juga yang belum tahu, marka jalan sebenarnya berbeda warna. Jika diperhatikan, ada tiga warna marka jalan yang wajib diketahui pengendara.

Seperti yang diunggah akun instagram @kemenhub151, marka jalan berwarna putih untuk menyatakan bahwa pengguna jalan wajib mengikuti perintah atau larangan sesuai dengan bentuknya.

“Sedangkan marka jalan berwarna kuning menyatakan bahwa pengguna jalan dilarang berhenti pada area tersebut. Sementara untuk marka jalan berwarna merah untuk menyatakan keperluan atau tanda khusus,” tulis akun @kemenhub151 sebagaiĀ caption, seperti dilihatĀ Liputan6.com, Kamis (29/3/2018).

Sementara itu, dari bentuknya, marka jalan yang berbentuk garis lajur merupakan garis yang digunakan untuk membagi jalur lalu lintas. Sedangkan Garis Henti, adalah marka yang berupa garis utuh yang melintas jalur lalu lintas, dan berfungsi menunjukkan dimana kendaraan harus berhenti.

Setiap berkendara di jalan raya, pasti Anda kerap menemui garis putih yang melintang tengah jalan yang terdiri dari beberapa garis. Ya, ini adalah pita penggaduh atau bisa juga disebut speed trap.

Marka ini telah diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan no. KM 3 Tahun 1994 pasal 32 sebagai kelengkapan tambahan pada jalan. Pemasangannya, direncanakan dan dilakukan oleh Dinas Perhubungan setempat.

Berdasarkan sumber yang sama, pemasangan speed trap berdasarkan evaluasi pihak terkait. Biasanya, marka ini dipasang di area yang rawan kecelakaan karena kecepatan tinggi.

(Visited 53 times, 1 visits today)

 

No Comments

Add your comment

error: Content is protected !!