Jembatan II Barat, No: 5
+628119234562
info@topogroup.co.id

Mengenal Arti Marka Jalan

Topo Group adalah Kontraktor dan Jasa Cat Marka Jalan Bandara, Jasa Epoxy Lantai, Jasa Floor Hardener, Jasa Pengecatan Lapangan, Jasa Kontruksi Baja Murah Terbaik Dan Berkuallitas

Mengenal Arti Marka Jalan

JAKARTA – Hampir di semua jalan raya dilengkapi dengan marka jalan. Apa sih itu marka jalan? Marka jalan adalah suatu tanda yang berada di permukaan jalan atau di atas permukaan jalan yang meliputi peralatan atau tanda yang membentuk garis membujur, garis melintang, garis serong serta lambang lainnya yang berfungsi untuk mengarahkan arus lalu lintas dan membatasi daerah kepentingan lalu lintas.

Pengelompokan Marka Jalan

Marka Membujur

Marka membujur adalah tanda yang sejajar dengan sumbu jalan. Marka membujur yang dihubungkan dengan garis melintang yang dipergunakan untuk membatasi ruang parkir pada jalur lalu lintas kendaraan, tidak dianggap sebagai marka jalan membujur. Marka ini berfungsi sebagai mengarahkan lalu lintas, memperingatkan akan adanya marka lain di depan dan memisahkan lajur atau jalur.

  •  Marka Putus-putus

Garis marka ini memiliki arti bahwa Brosis diperbolehkan melintasi marka ini bila hendak pindah ke jalur sebelahnya yang kosong atau ingin menyalip kendaraan di depan Brosis. Tapi harus tetap berhati-hati jika jalan yang dilalui itu dua arah.

  •  Marka Utuh 

Garis marka ini merupakan kebalikan dari marka putus-putus tadi. Brosis tidak boleh melewati marka ini. Resikonya sangat berbahaya lho.

  •  Marka Putus-putus Menjelang Marka Utuh

Marka ini memiliki arti bahwa jika Brosis berada di jalur bermarka putus-putus boleh melintasi ke jalur sebelahnya yang kosong, sedangkan jalur marka garis penuh tidak boleh melewati marka ini.

  •  Marka Putus-putus dan Utuh Menjelang Marka Dua Utuh

Brosis harus mengambil sebelah kiri garis utuh ini dan jangan melintasinya untuk melewati.

  •   Marka Dua Utuh

Brosis harus mengambil sebelah kiri jalur rangkap. Tidak diperbolehkan melintasi garis tersebut untuk melewati kendaraan maupun membelok.

Marka Melintang 

Marka melintang adalah tanda yang tegak lurus terhadap sumbu jalan seperti garis henti di zebra cross atau di persimpangan.

  •  Garis Henti Pada Persimpangan Jalan 2 Arah

  •  Garis Henti Pada Persimpangan Jalan 1 Arah

  •  Garis Henti Pada Persimpangan Jalan 1 Arah Dengan 3 Lajur

  •  Garis Henti Pada Penyebrangan Orang (zebra cross)

Marka Serong

Marka serong adalah tanda yang membentuk garis utuh yang tidak termasuk dalam pengertian marka membujur atau marka melintang, untuk menyatakan suatu daerah permukaan jalan yang bukan merupakan jalur lalu lintas kendaraan.

  •  Marka Serong (chevron)

Marka Lambang

Marka lambang adalah tanda yang mengandung arti tertentu untuk menyatakan peringatan, perintah, dan larangan untuk melengkapi atau menegaskan maksud yang telah disampaikan oleh rambu lalu lintas atau tanda lalu lintas lainnya.

  •  Marka Panah

  •  Marka Tulisan Pada Zona Selamat Sekolah

  •  Marka lambang pada Ruang Henti Khusus Sepeda Motor

Sekian dulu Brosis informasinya mengenai marka jalan. Semoga bermanfaat.

(Visited 224 times, 1 visits today)

 

No Comments

Add your comment

error: Content is protected !!