Jembatan II Barat, No: 5
+628119234562
info@topogroup.co.id

Mengenal 5 Ragam Motif Batik Populer Khas Berbagai Daerah Di Indonesia

Topo Group adalah Kontraktor dan Jasa Cat Marka Jalan Bandara, Jasa Epoxy Lantai, Jasa Floor Hardener, Jasa Pengecatan Lapangan, Jasa Kontruksi Baja Murah Terbaik Dan Berkuallitas

Mengenal 5 Ragam Motif Batik Populer Khas Berbagai Daerah Di Indonesia

Mengenal 5 Ragam Motif Batik Populer Khas Berbagai Daerah Di Indonesia, seperti 2 hal yang tidak bisa dipisahkan. Batik merupakan kain khas Indonesia yang telah digunakan sejak dahulu kala. Dulu batik sangat umum digunakan sebagai pakaian sehari-hari masyarakat Indonesia. Penggunaan kain batik biasanya akan dikombinasikan dengan kebaya ataupun pakaian adat lainnya.

Kata batik berasal dari bahasa Jawa ambhatik yang terdiri dari kata amba yang berarti lebar, luas, kain dan kata bhatik yang berarti titik atau matik. Kedua kata tersebut berkembang menjadi istilah batik yang dapat diartikan sebagai membuat titik-titik pada kain yang lebar. Batik juga diartikan secara lebih umum sebagai kain bergambar yang dibuat secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain.

Sejak ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009, popularitas batik semakin meningkat. Batik semakin sering digunakan sebagai pakaian formal. Kesan batik kini tidak lagi kuno, namun lebih elegan dan berkelas. Tidak hanya dijadikan bahan pakaian, kain batik atau motif batik pun kini sudah mulai diaplikasikan pada berbagai dekorasi rumah, seperti pada sofa, furnitur kayu, karpet, bantal, dan lain sebagainya.

Bicara mengenai batik tak lengkap rasanya apabila tidak membahas mengenai ragam motif batik khas berbagai daerah di Indonesia. Berikut Mengenal 5 Ragam Motif Khas Battik Yang Ada Di Indonesia.

1. Batik Megamendung

Source: 1stdibs.com

Batik Megamendung merupakan motif kain batik khas daerah Cirebon. Motif batik Megamendung sangat khas dengan bentuk awan besar berwarna cerah dan mencolok. Beberapa warna yang umum digunakan pada batik Megamendung adalah biru, merah tua, ungu, dan hijau tua.

2. Batik Tujuh Rupa Pekalongan

Source: pinterest.com

Pekalongan merupakan salah satu daerah yang terkenal sebagai daerah pengrajin batik dan pusat batik. Berbagai motif batik yang elegan banyak dihasilkan di kota Pekalongan. Ciri khas batik Pekalongan yakni didominasi dengan motif tumbuh-tumbuhan dan hewan. Batik Pekalongan akan sangat cantik apabila dikombinasikan dengan pakaian berbahan polos.

3. Batik Parang Rusak

Source: desaingratis.com

Motif batik ini pasti sering sekali kalian lihat. Motif batik Parang Rusak merupakan motif batik yang sangat populer di kalangan pecinta batik. Motif batik Parang Rusak mengandung arti mendalam, yakni peperangan manusia dalam melawan sifat buruk dan nafsu selama hidup. Batik Parang Rusak sangat sering digunakan untuk berbagai kerajinan berbahan batik.

4. Batik Keraton

Source: winotosastro.com

Batik Keraton merupakan batik yang awalnya dibuat oleh para putri dan pengrajin batik yang ada di lingkungan Keraton. Motif batik Keraton ini sangat kental dengan nuansa elegan, sakral dan sarat akan filosofi kehidupan. Karenanya, dulu batik Keraton hanya boleh digunakan oleh sebagian orang saja.

5. Batik Priyangan Tasikmalaya

pinterest.com
pinterest.com

Batik Priyangan Tasikmalaya terkenal dengan ciri khasnya yang memiliki corak yang rapat, rapi, dan berkelas. Dominasi motif rumput dan tumbuh-tumbuhan menjadi identitas utama batik Priyangan.

Berikut adalah Cara Mengenal Ragam Motif Batik Populer Khas Berbagai Daerah Di Indonesia

(Visited 63 times, 1 visits today)

 

No Comments

Add your comment

error: Content is protected !!